RSS

Dampak Abrasi

29 Mei

Kulon Progo, Mei 2012. Foto disamping merupakan salah satu contoh akibat dari adanya abrasi oleh gelombang laut di daerah Trisik, Desa Banaran, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo. Pengertian abrasi sendiri adalah proses pengikisan pantai oleh kekuatan gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Ada yang mengatakan abrasi sebagai erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipengaruhi oleh gejala alami dan tindakan manusia. Tindakan manusia yang mendorong terjadinya abrasi adalah pengambilan batu dan pasir di pesisir pantai sebagai bahan bangunan.

Selain itu penebangan pohon-pohon pada hutan pantai atau hutan mangrove memacu terjadinya abrasi pantai lebih cepat. Abrasi yang terus terjadi di sepanjang pantai akan menggerus bibir pantai sehingga akan mengurangi lebar pantai, selain itu juga akan menghambat nelayan dalam mendarat dan menambatkan perahu. Jika dibiarkan, nelayan tidak akan memiliki tempat lagi untuk memarkirkan perahunya. Hal ini tidak hanya membuat nelayan kesulitan, tapi juga mengancam pariwisata, termasuk warung-warung makan yang berjejer di pinggir pantai.

Untuk mencegah terjadinya abrasi pantai perlu dilakukan penanaman mangrove dan pohon-pohon pada hutan pantai serta memelihara pohon-pohon tersebut dari gangguan manusia. Pohon cemara udang bisa dijadikan alternatif pohon pantai pengganti mangrove yang dapat digunakan sebagai penahan abrasi karena pohon bakau tidak dapat ditanam di tanah berpasir. Hutan pantai bisa menjadi penahan angin dari laut menuju daratan. Ketika angin dari laut bisa ditahan bisa mengurangi interupsi air laut yang menyebabkan abrasi.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 29, 2012 in Kab. Kulon Progo

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: