RSS

Sosialisasi PDPT Kab. Kulon Progo tahun 2012

14 Jun

Kulon Progo, 13 Juni 2012. Mulai pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP), menyelenggarakan sosialisasi program Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT) tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2012 di Wisma Kusuma Hotel, Jl. Lingkar Pasar RT 35 RW 16 Wates, Kulon Progo, DIY. Sosialisasi dilakukan untuk menginformasikan program PDPT kepada masyarakat di 3 desa sasaran Program PDPT 2012, yaitu Desa Banaran, Desa Karangsewu dan Desa Bugel. Pada kesempatan ini dihadiri oleh Bapak Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Bapak Asekda Pembangunan Nugroho, SE yang sekaligus membuka acara sosialisasi; Ibu drh. RR. Endang Purwaningrum TL (Kepala Dinas DKPP); Bapak Ir. R. Muh. Ismail (Kasubdit Mitigasi Bencana Lingkungan KKP); Bapak Sakib Arsalan (KKP); Bapak Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc (Dosen FPIK UNDIP); Bapak Eko Purwanto, A.Pi, MMA (PPK); Perwakilan SKPD Kulon Progo; Bapak Camat Kec. Galur dan Panjatan; Bapak Lurah Desa Sasaran PDPT; Tim Pemberdayaan Desa; Tenaga Pendamping dan Perwakilan dari Tokoh Masyarakat Desa Sasaran PDPT.

Sosialisasi program PDPT ini, dilakukan sebagai upaya menyampaikan program PDPT kepada perwakilan instansi terkait di lingkungan Pemkab Kulon Progo, Camat, Kepala Desa, Kepala Dusun dan Tokoh Masyarakat di 3 desa yaitu Banaran, Karangsewu dan Bugel. Asekda Bidang Pembangunan Pemkab Kulon Progo, Bapak Nugroho, SE menyampaikan program dan kebijakan dari Pemerintah Kabupaten pada pembangunan kelautan dan pesisir, salah satunya program PDPT. Kegiatan sosialisasi PDPT ini dinilai sangat penting agar masyarakat mengetahui program PDPT, sehingga nantinya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Sementara itu,  salah satu narasumber dari perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),Bapak  Ir. R. Muh. Ismail (Kasubdit Mitigasi Bencana Lingkungan KKP) dalam sosialisasi PDPT tersebut menyampaikan, Kulon Progo menjadi salah satu kabupaten yang mendapat program PDPT bersama 15 wilayah pesisir lain di Indonesia. Sasaran PDPT ini adalah meningkatkan kemakmuran masyarakat desa di pesisir dengan mengoptimalkan sumber daya yang sudah ada. Dalam sosialisasi ini, juga menghadirkan narasumber lain dari KKP Bapak Sakib Arsalan yang menyampaikan tentang Pedoman Teknis PDPT; Bapak Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc (Dosen FPIK UNDIP) share informasi tentang PDPT; Ibu drh. RR. Endang Purwaningrum TL (Kepala Dinas DKPP) membawakan materi tentang Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan Kab. Kulon Progo; dan pada sesi terakhir oleh Bapak Eko Purwanto, A.Pi, MMA (PPK) yang menyampaikan materi tentang Makanisme Pencairan BLM PDPT 2012 Kabupaten Kulon Progo. Dari hasil kegiatan sosialisasi ini, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

  1. Sosialisasi ini merupakan persamaan persepsi antar komponen pelaksana kegiatan PDPT.
  2. Kerja keras dari para komponen pelaksana kegiatan PDPT supaya berhasil.
  3. Komitmen yang kuat dan profesional untuk melaksanakan PDPT dengan sukses dan berkelanjutan.
  4. Mari kita berkomitmen untuk menjadikan Desa Banaran, Desa Karangsewu dan Desa Bugel menjadi Desa yang tangguh.
Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 14, 2012 in Kab. Kulon Progo

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: