RSS

Identifikasi Pembentukan Kelompok Masyarakat Pesisir (KMP)

29 Jun

Kulon Progo, 25 – 29 Juni 2012. Tim Pemberdayaan Desa dengan Tenaga Pendamping Program Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT) Kabupaten Kulon Progo telah melaksanakan identifikasi pembentukan Kelompok Masyarakat Pesisir (KMP) di tiga desa pesisir, yaitu Desa Banaran, Desa Karangsewu dan Desa Bugel. Sampai dengan saat ini, Desa Banaran sudah terbentuk 8 KMP, Desa Karangsewu sudah terbentuk 8 KMP dan Desa Bugel baru terbentuk 1 KMP. Tim Pemberdayaan Desa dengan Tenaga Pendamping Program PDPT Kabupaten Kulon Progo menargetkan minggu pertama bulan Juli sudah terbentuk semua KMP, sehingga dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan penyusunan Rencana Pengembangan Desa Pesisir (RPDP). RPDP merupakan rencana yang tidak terpisahkan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa). Tujuan dari RPDP sendiri adalah mewujudkan perencanaan pengembangan desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Berkaitan dengan kebutuhan dan potensi desa, Tim Pemberdayaan Desa dengan Tenaga Pendamping Program PDPT Kabupaten Kulon Progo sudah menampung beberapa usulan program kegiatan dari KMP.

Beberapa program kegiatan KMP yang sudah diusulkan di Desa Banaran, antara lain:

  1. Rencana program kegiatan yang berkaitan dengan Bina Siaga Bencana dan Perubahan Iklim yaitu akan dilakukan pembuatan jalan jalur evakuasi sepanjang ± 600 m yang berlokasi di Pedukuhan XIII Trisik.
  2. Rencana program kegiatan yang berkaitan dengan Bina Sumber Daya yaitu akan dilakukan penanaman mangrove/cemara udang di Bantaran Sungai Progo.
  3. Rencana program kegiatan yang berkaitan dengan Bina Lingkungan dan Infrastruktur yaitu akan dilakukan pembuatan jalan Cor Blok sepanjang ± 400 m di Pedukuhan XIII Tanjungsari dan Pedukuhan XI Bleberan.

Beberapa program kegiatan KMP yang sudah diusulkan di Desa Karangsewu, antara lain:

  1. Rencana program kegiatan yang berkaitan dengan Bina Siaga Bencana dan Perubahan Iklim yaitu akan dilakukan pembuatan jalan jalur evakuasi sepanjang 450 m yang berlokasi di Pedukuhan IV.
  2. Rencana program kegiatan yang berkaitan dengan Bina Sumber Daya yaitu akan dilakukan penanaman cemara udang Pedukuhan XVII (Ring I).
  3. Rencana program kegiatan yang berkaitan dengan Bina Lingkungan dan Infrastruktur yaitu akan dilakukan pembuatan jalan Cor Blok sepanjang 375 m di Pedukuhan VII dan 150 m di Pedukuhan XII.

Beberapa program kegiatan KMP yang sudah diusulkan di Desa Bugel, antara lain:

  1. Rencana program kegiatan yang berkaitan dengan Bina Siaga Bencana dan Perubahan Iklim yaitu akan dilakukan pembuatan rambu-rambu atau plang jalur evakuasi dan pemasangan radio pemancar komunitas berlokasi di Pedukuhan I atau Pedukuhan II.
  2. Rencana program kegiatan yang berkaitan dengan Bina Sumber Daya yaitu akan dilakukan penanaman cemara udang Pedukuhan I atau Pedukuhan II.
  3. Rencana program kegiatan yang berkaitan dengan Bina Lingkungan dan Infrastruktur yaitu akan dilakukan pembuatan talud sepanjang 200 m dari total 1000 m di Pedukuhan IX dan Pedukuhan X, pembuatan drainase Pedukuhan I dan Pedukuhan II, pembuatan talud jalur evakuasi di Pedukuhan IV,  dan Cor  Blok sepanjang 500 m dari 2000 m di Pedukuhan I dan Pedukuhan II.
  4. Rencana program kegiatan yang berkaitan dengan Bina Usaha yaitu akan dilakukan pengadaan kendaraan angkutan motor roda tiga untuk memfasilitasi program air bersih yang ada di Pedukuhan III dan rencana pembuatan kios di TPI Bugel.
Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 29, 2012 in Kab. Kulon Progo

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: