RSS

Asistensi dan Observasi KP3K KKP di Kab. Kulon Progo

28 Jul

Kulon Progo, 26 Juli 2012. Mulai pukul 08.30 WIB s/d 17.00 WIB, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kab. Kulon Progo mendapat kunjungan dari Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Pusat, Jakarta yang diwakili oleh Bapak Deky Rahma Sukarno, Bapak Yasser dan Ibu Windy. Kunjungan ini dalam rangka Asistensi Strategi Publikasi Program Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT) dan Ujicoba Draft Penilaian Ketangguhan Desa Pesisir kepada Tim Tenaga Pendamping PDPT Kab. Kulon Progo. Dalam kunjungan ini ada dua sesi yang dilakukan yaitu sesi asistensi di Kantor Dinas dan sesi observasi/penggalian testimony masyarakat pesisir tentang PDPT di Desa Bugel, Desa Banaran dan Desa Karangsewu.

Pemaparan pada sesi pertama (Foto A) dilakukan oleh Ibu Windy yang memberikan asistensi kepada tenaga pendamping tentang Strategi Publikasi Program Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT). “Publikasi Program PDPT Kab. Kulon Progo yang paling update dan aktif di forum,” katanya, Kamis (26/7) pagi. Diharapkan dengan adanya asistensi ini mampu membantu Tenaga Pendamping untuk menyusun publikasi PDPT dengan baik dan bisa dijadikan bahan untuk pembuatan publikasi PDPT di tingkat nasional. Jenis kegiatan yang harus terdokumentasikan seperti pertemuan-pertemuan (rapat, asistensi, diskusi, musyawarah), pelatihan-pelatihan, pra implementasi BLM, implementasi BLM dan pasca implementasi BLM. Selanjutnya, ada pemaparan dari Bapak Deky Rahma Sukarno dan Bapak Yasser yang menyampaikan Draft Penilaian Ketangguhan Desa Pesisir. “Kulon Progo dipilih sebagai ujicoba Draft Penilaian Ketangguhan Desa Pesisir,” katanya, Kamis (26/7) pagi.

Tujuan penilaian ketangguhan Desa Pesisir ini adalah mengumpulkan data dan informasi di Desa mengenai fokus PDPT yang meliputi 6 Bina, mengetahui status ketangguhan Desa Pesisir berdasarkan aspek-aspek yang menjadi fokus program PDPT, dan sebagai sarana penelitian formatif yang akan diperlukan untuk menyempurnakan program PDPT serta memberikan masukan untuk pengelolaan program yang adaptif dan mengukur efektifitas upaya pengelolaan program PDPT. Output yang dihasilkan dari penilaian ketangguhan Desa Pesisir adalah gambaran kondisi ketangguhan desa.

Kegiatan asistensi kepada Tenaga Pendamping ini diakhiri tepat pukul 11.00 WIB. Kemudian pada pukul 11.30 WIB s/d 17.00 WIB dilanjutkan sesi kedua yaitu observasi/penggalian testimony masyarakat pesisir tentang PDPT. Dengan didampingi Bapak Isna Bahtiar, S.Kel (DKPP KP) dan Tim Tenaga Pendamping, tim melakukan kunjungan ke masing-masing desa pesisir sasaran PDPT. Kunjungan yang pertama ke Desa Bugel (Foto B), pada kesempatan ini tim berhasil mewancarai Sekretaris Desa Bapak Suprih Rohmadi (45 th). Beliau sangat mendukung program ini dan hanya ada satu kata kunci, sukses. “Desa kami pada waktu musim hujan mendapatkan limpahan banjir dari Sungai Bogowonto dan Sungai Progo, semoga dengan adanya program PDPT dapat membantu mengatasi permasalahan ini,” katanya, Kamis (26/7) siang. Kunjungan yang kedua ke Desa Banaran (Foto C), pada kesempatan ini tim berhasil mewancarai salah satu tokoh Desa Banaran Bapak H. Zaenuri (55 th). “Saya berharap kegiatan ini bisa berlanjut untuk tahun-tahun kedepan, jangan sampai baru tahap belajar berjalan terus ditinggal, ya akhirnya roboh lagi,” katanya, Kamis (26/7) siang. Dan kunjungan yang terakhir ke Desa Karangsewu (Foto D), pada kesempatan ini tim berhasil mewancarai Kabag Pembangunan Desa Bapak Jarot Purnomo (46 th). “Pada intinya kami sangat senang dengan adanya program PDPT ini, semoga dapat membatu masyarakat pesisir untuk melakukan mitigasi bencana, “ katanya, Kamis (26/7) siang.

Dari hasil observasi/penggalian testimony kepada salah satu masyarakat pesisir desa sasaran PDPT Kab. Kulon Progo dapat diambil kesimpulan antara lain:

  1. Masyarakat pesisir sangat senang bisa mendapatkan bantuan program PDPT dari Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
  2. Harapan dari masyarakat pesisir, semoga program PDPT ini dapat membantu percepatan pembangunan desa guna menuju desa pesisir yang tangguh terhadap bencana.
  3. Keberlanjutan dari program PDPT untuk tahun-tahun berikutnya.
Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 28, 2012 in Kab. Kulon Progo

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: