RSS

Studi Banding “Peningkatan Kapasitas Masyarakat” di Kabupaten Demak, Jateng

18 Okt

Demak, Selasa – 20131008; 11:00 WIB

Foto Bersama di DemakKabupaten Kulon Progo melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) merupakan salah satu Kabupaten di Daerah Istrimewa Yogyakarta (DIY) penerima Program Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT) tahun 2012 – 2013. Pada tahun ini, sebanyak 30 Kelompok Masyarakat Pesisir (KMP) dari tiga desa pesisir mendapat alokasi bantuan peningkatan kelembagaan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan perubahan iklim kepesisiran.

Dalam upaya meningkatkan kelembagaan KMP tersebut, Program PDPT Kabupaten Kulon Progo telah memfasilitasi Kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) dengan melaksanakan Kegiatan Studi Banding Pengelolaan Mangrove dan Antisipasi Bencana Kepesisiran di Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu hari Senin – Selasa, 07 – 08 Oktober 2013. Untuk kegiatan di tanggal 07 Oktober 2013, berlangsung di Aula DKPP Kabupaten Kulon Progo, sedangkan tanggal 08 Oktober 2013 kegiatan berlangsung di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak dengan peserta sebanyak 55 orang.

Sesampainya di Kabupaten Demak, Rombongan kami disambut dengan hangat oleh Satker Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Demak dan Kelompok Masyarakat setempat. Setelah sedikit ada acara seremonial penerimaan, kami langsung diajak naik perahu untuk melihat kondisi di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Hal yang membuat kami takjub adalah melihat kondisi air pasang atau istilahnya “Air Rob” yang mengakibatkan Desa mereka menjadi tenggelam. Kondisi yang langka kami jumpai di Pantai Selatan Jawa. Selain itu, kami juga mengunjungi lokasi pusat rehabilitasi mangrove yang sudah ada Mangrove Track, seperti yang ada di Mangrove Information Center (MIC) Bali. Semoga dengan adanya kegiatan Studi Banding ini, mampu meningkatkan pengetahuan KMP untuk senantiasa melindungi dan menyelamatkan wilayah pesisir dari ancaman bencana.

PKM di Aula DKPP

Foto Bersama di DKPP KP

Meninjau Lokasi Rob dengan Perahu

Sarasehan di Morosari

Penyerahan Kenang-Kenangan

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 18, 2013 in Kab. Kulon Progo

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: