RSS

Ketangguhan Desa Pesisir Kabupaten Kulon Progo

17 Des

Kulon Progo, Selasa – 20131217; 08:00 WIB

Keterpaparan, sensitivitas, dan daya adaptasi merupakan tiga hal penting yang perlu dipahami dalam penilaian ketangguhan (resiliensi) atas bencana iklim.  Dengan diketahuinya kondisi tersebut akan dapat dinilai daya resiliensi atau ketangguhan masyarakat desa. Ketangguhan mengacu pada konsep Climate Disaster Resilient Village (CDRV) dari hasil diskusi pakar yang merupakan sebuah gerakan pembangunan desa-desa pesisir yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas adaptasi dan mitigasi dalam menghadapi berbagai bencana yang datang akibat perubahan iklim.

Kriteria ketangguhan desa pada program Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT) mencakup lima aspek yaitu aspek bina manusia, bina usaha, bina sumberdaya, bina lingkungan/infrastruktur dan bina siaga bencana dan perubahan iklim. Kelima aspek tersebut kemudian dijabarkan dengan variabel dalam konsep CDRV berupa Variabel Karakteristik Umum (tetap) dan Variabel Karakteristik Khusus.

Meningkatnya ketangguhan desa pesisir menjadi indikator outcome program PDPT, untuk itu perlu adanya penilaian awal mengenai status ketangguhan desa pesisir. Hasil penilaian ini dapat digunakan untuk menyempurnakan program PDPT, memberikan masukan untuk pengelolaan program yang adaptif dan mengukur efektifitas upaya pengelolaan program PDPT (output) yang memiliki bobot dan kualitas yang tinggi jika ada dukungan data dan informasi (input) yang memadai, tata cara pengambilan data dan informasi dengan metode yang tepat, serta pengolahan dan penganalisaan data dan informasi dengan menggunakan teknis analisis yang baik (proses).

Proses penilaian ketangguhan desa pesisir mengacu pada kerangka kerja seperti pada gambar di bawah ini:

Kerangka Kerja Penilaian Ketangguhan Desa Pesisir

Berdasarkan kerangka kerja penilaian ketangguhan desa pesisir di Kabupaten Kulon Progo seperti bagan alur diatas, telah didapatkan grafik kekuatan aspek ketangguhan dan grafik nilai ketangguhan desa pesisir sebagai berikut:

1.  DESA BANARAN KECAMATAN GALUR

Grafik Ketangguhan Desa Banaran

2.  DESA KARANGSEWU KECAMATAN GALUR

Grafik Ketangguhan Desa Karangsewu

3.  DESA BUGEL KECAMATAN PANJATAN

Grafik Ketangguhan Desa Bugel

Berdasarkan grafik kekuatan aspek ketangguhan dan grafik nilai ketangguhan diatas, yang meliputi aspek siaga bencana dan perubahan iklim, aspek lingkungan dan infrastruktur, aspek sumberdaya, aspek usaha, dan aspek manusia dapat dikatakan program PDPT di Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012 dan 2013 memberikan dampak yang positif dan baik. Harapan ke depan, semoga program PDPT ini mampu menuju desa pesisir di Kabupaten Kulon Progo yang TANGGUH…!!!

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 17, 2013 in Kab. Kulon Progo

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: